Header Ads

test

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat Daun Sirih
Banyak sekali manfaat dari tanaman hijau yang menjalar dan masuk dalam keluarga piperaceae ini. Beberapa manfaat daun sirih beserta cara membuatnya:
1). Mengobati penyakit asma
Caranya, siapkan 4-5 daun sirih, rebus daun tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut dengan rutin setidaknya 2-3 gelas sehari.
2). Menyembuhkan radang tenggorokkan
Rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum rebusan tersebut secara rutin 2-3 gelas sehari.
3). Mengobati batuk
Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati batuk. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.
4). Mengobati penyakit Bronchitis
Untuk mengobati penyakit ini, yang Anda butuhkan adalah 6–10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air hingga tersisa setengahnya saja. Minum rebusan tersebut 3 kali sehari secara teratur.
5). Obat luka bakar ringan
Caranya, tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada luka sehari dua kali.
6). Mengobati demam berdarah
Rebus 5-6 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari secara rutin.
7). Menyembuhkan iritasi dan juga sakit mata
Manfaat daun sirih yang cukup dikenal adalah untuk mengobati iritasi dan sakit mata. Rebus 1-2 lembar daun sirih dalam 1 gelas air, tunggu sampai dingin. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres atau sebagai obat tetes.
8). Melancarkan haid
Rebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari.
9). Mengatasi masalah keputihan
Caranya, rebus 5 -10 daun sirih merah dalam 250 ml air. Setelah dingin, saring airnya, dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.
10). Menghilangkan bau mulut
Rebus 10-15  daun sirih dalam 4 gelas air sampai tersisa setengahnya. Gunakan untuk berkumur.

No comments:

Powered by Blogger.